Multifunctional Role of Agriculture

  “multifunctional role of agriculture”

Konsep multifungsi sektor pertanian, sebagai penyokong utama kehidupan, pertanian perlu dilihat dalam dimensi yang luas yaitu tidak hanya semata-mata sebagai penghasil produk pertanian yang tampak nyata dan yang dipasarkan tetapi juga sebagai penghasil jasa yang tidak tampak. Multifungsi pertanian dalam rangka mereposisikan peran sektor pertanian pada kedudukan yang semestinya artinya memperhitungkan nilai berbagai jasa pertanian dan biaya untuk menghasilkan jasa tersebut yang masih berada diluar perhitungan ekonomi dan kebijakan (externalities).
Penilaian multifungsi pertanian dengan menggunakan metode ekonomi merupakan cara yang tidak mudah, namun sangat diperlukan sebagai bahan masukan untuk penetapan kebijakan. Bahkan sebagian multifungsi seperti keanekaragaman hayati, ketahanan pangan, fungsi penyangga ekonomi dalam keadaan krisis tidak dapat dinilai secara ekonomi.
Multi fungsi sektor pertanian mencakup; a) penyangga ketahanan pangan yang meliputi kecukupan pangan, baik jumlah maupun mutunya, aman dikonsumsi, merata dan terjangkau, b) penyedia jasa lingkungan, c) penyedia lapangan kerja, d) menjaga kestabilan perekonomian, e) mempertahankan nilai sosial budaya pedesaan dan f) mengatasi krisis energi.