MENTAL WIRAUSAHA,Disampaikan pada Kuliah KWU Fakultas Peternakan Unand ( Kerjasama LPM UA dengan DP2M DIKTI )

Disampaikan Oleh : Ir. Zulfiandri, M.Si
(Salah Satu Trainer Senior Lembaga “QUALITAN” ).
Pada Pertemuan yang ketiga (tanggal 6 juni 2009 yang bertempat diruang sidang DEkanat Faterna Unand) dikuliah Kewirausahaan Fakultas Peternakan yang diadakan Oleh Pak Iksan Rias,SE dan Rahmiwati, S.Pt, M.Si mengundang Pembicara ( key note speakers) handal yang mampu membawa pikiran mahasiswa yang hadir mengikuti perkuliahan ini, selain itu Pembicaranya juga Membawa mahasiswa kea lam dunia lain dimana Mindsetnya di Rombak secara Total dengan Trik-Trik handalannya.
Selain Pemberian materi yang boleh dikatakan Cukup Memberikan inspirasi/ minat berwira usaha yang sangat menarik, Pak Zul juga memberikan Games dan simulasi.

Games yang diberikan antara lain : games yang intinya membawa orang lain dengan angka apa yang kita pikirkan, dan games yang satunya lagi yaitu dengan memberikan angka dari 1-9 lalu ditunjuk salah satu dari peserta perkuliahan untu memilih angka yang telah disediakan, sebelumnya Pak Zul/ trainer telah menulis satu angka dikertas kecil, dan kemudian diberikan kepada mahasiswa lainnya….Kesimpulan yang dapat kita ambil intisarinya yaitu : Membuat lawan bermain kita/ wirausaha lain untuk dapat mengikuti kemauan kita tanpa diketahui oleh orang yang bersangkutan .
Berikut Kesimpulan kuliah KWU yang disampaikan oleh Ir. Zulfiandri M.Si
Mental wirausaha
Kenapa perlu wirausaha ? Wirausaha ada resikonya, salah satunya adalah Sukses ( kok sukses ).
Sukses apabila tidak ada gambaran pada diri kita, bias dikatakan kesuksesan itu jauh dari kita, maka dari itu perlu diawal-awal kita wajib merencanakan kesuksesan ( ex : Pengusaha sukses dibidang Sapi Potong)..
SUKSES !!!
Apakah sukses itu memiliki (To have ) atau Menjadi ( To be ).?
Setiap orang menjawabnya pasti berbeda, tapi kali ini saya akan menjelaskan perbedaan tujuan diatas :
Memiliki (To Have) :Sukses untuk memiliki (ex : material), ini akan membawa mala petaka berat bagi pengusahanya sendiri, kita siap-siap saja untu Stress dan depresi….kenapa bias terjadi ? karna hidup kita sudah terbiasa tergantung dengan materi (uang, harta, rumah), apabila material itu hilang atau lenyap begitu saja, maka yang punya material tersebut akan terjadi tekanan jiwa yang serius malah-malah bias terjadi Stress dan Depresi Berat.
Sukses harus diletakkan pada keadaan Spiritual kita, dimana kita berwirausaha harus sejalan dengan Aqidah / keyakinan kita kepada tuhan yang maha esa dan nabinya .
RESEP SUKSES !!!
Resep sukses itu terdiri dari :
1. Punya Mimpi.
2. Ubah mindset.
3. Ubah mindset.
4. Ubah mindset.
5. Ubah mindset.
6. Memiliki modal.
7. Tawakal kepada Allah SWT.
Selain itu kita harus bangun Keinginan yang kuat dengan Spiritual yang kuat pula, penuhi panggilan hidup agar semangat itu tetap menyala.
Sukses dengan Spiritual yang kuat ditambah Menstimlasi semangat kita diikuti dengan Mindset yang kokoh, akan membakar semangat keinginan kita (ex : Cinta, Spiritual, keinginan kuat).
Setiap Pikiran kita Mempunyai energy, sesuai dengan Teori Fisika Quantum, yakni Energi itu dapat Berupa Gelombang , Energi identik dengan Panas…
Begitu pula untuk mencapai keinginan atau cara kita berdoa kepada Allah SWT, perkataan doa kita akan disampaikan kepada ALLAh SWT dengan Bantuan Gelombang Energi, Gelombang energy ini terbagi atas 2 yaitu :energy + dan energy -… Doa akan terkabul apabila perkataan kita mempunyai energy yang postif (+).
USAHAKAN : Nilai Energi yang dikirim kelawan main, bernilai Positif (+), persentase energy ditransfer bias mencapai 99%, untuk mencapainya kita harus dalam posisi iklas, dan kedamaian…
Visi dari Wirausaha Adalah IMPIAN ( SMARTEST).
S : Specific
M : Measurable
A : Achievable
R : Realiable
T : Time Bond
E : Equal
S : Say It
T : Tracking.
Kenapa ada orang yang gagal dan kenapa ada orang yang sukses ?
Apa yang membedakannya ?.
a. Kemauan, Kerja keras, mental, keinginan dan optimis.
b. Mindset “ ALLAH SWT maha pengasih dan Penyayang” semua kembali kepada Aqidah / Keyakinan kita, kita tidak pernah gagal dalam hal apapun..

Orang yang berbahagia adalah orang yang selalu bersyukur kepada Allah SWT.

Dari Ringkasan Kuliah KWU diatas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa untuk menjadi wirausaha yang handal perlu mengubah mindset dirinya terhadap mindset yang bernilai Positif…..