Bahan Ajar Studi Kelayakan Usaha Peternakan

STUDI KELAYAKAN (PENGERTIAN DAN CAKUPAN) Untuk Mendapatkan File Lengkapnya bisa di Download Disini : DOWNLOAD BUKU AJAR SKU PETERNAKAN


Bila ada sepuluh orang pengangguran diberi kesempatan untuk mengajukan pilihan usaha yang dinilai dapat memberikan penghasilan, maka dapat diduga adanya keragaman dari usaha yang diminati masing-masing. Selanjutnya ditanyakan pada mereka, Apa benar usaha yangdipilihnya dapat memberikan manfaat ?. Bagaimana cara mereka memberikan penilaian tentu juga kemungkinan ada perbedaan satu sama lain, dari mulai yang tidak objektif sampai yang sangat objektif. Proses penilaian seperti ini menjadi sangat penting, karena menjadi indikator apakah usaha yang direncanakan tersebut akan berhasil atau tidak ?.
Kegiatan menilai/studi sejauh mana manfaat yang diperoleh dengan melaksanakan suatu
usaha/proyek disebut sebagai studi kelayakan/feasibility study. Dalam studi kelayakan dipelajari segala persyaratan untuk berdiri dan berkembangnya suatu usaha atau proyek.Hasilnya merupakan bahan pertimbangan dalam mengambil suatu keputusan apakah suatu gagasan usaha/proyek yang direncanakan akan ditolak (No Go) atau diterima (Layak/Go).

Pengertian layak dalam penilaian studi kelayakan adalah menyangkut kemungkinan dari
gagasan usaha/proyek yang akan dilaksanakan memberikan manfaat / benefit, baik dalam arti financial benefit atau social benefit/economic benefit.

Sebagian pustaka memuat pengertian studi kelayakan identik dengan evaluasi proyek.
Pengertian Evaluasi proyek itu sendiri adalah proses pengkajian kelayakan dari suatu
rencana investasi yang diperhitungkan dari berbagai aspek yang akan menentukan
keberhasilan proyek investasi tersebut dimasa mendatang dilihat dari biaya yang dikeluarkan dan manfaat yang dihasilkan.